Posted by : kutuSolder Kamis, 14 November 2013

SISTEM PEMANTAU SUHU MELALUI GRAFIK
MENGGUNAKAN SENSOR SUHU LM35
(Tugas Mikrokontroler)

Oleh :Khoirul Muhlisin & Nanang Setiawan


Sensor suhu LM35 adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik dalam bentuk tegangan. Sensor LM35 memiliki 3 pin dan konfigurasi pin dari Sensor LM35 adalah sebagai berikut:


Gambar 1.1 Sensor LM35
Sensor suhu LM35 membutuhkan sumber tegangan DC +5 volt dan konsumsi arus DC sebesar 60 μA dalam beroperasi. Output yang dihasilkan sensor LM35 adalah berupa tegangan antaraa 0-5V. Sensor ini memiliki skala linear yaitu sebesar 10mV setiap derajat celcius. Artinya dalam setiap kenaikan suhu 1 ºCelcius maka akan terjadi perubahan tegangan pada Output sensor sebesar 10mVolt. Maka diperoleh hasil data sebagai berikut:
      
     Vout = Temperatur sesungguhnya x 10mV
     Sehingga :
     Pembacaan suhu = Vout x 100mV


Mikrokontroler Atmega16 memiliki fitur berupa ADC internal yang disediakan pada Port A. Output sensor LM35 kemudian dihubungkan ke Port A.0 pada mikrokontroler AtMega16 dan mikrokontroler kemudian melakukan kalibrasi sehingga data yang didapat sesuai dengan yang diharapkan.


Pengiriman data ke komputer menggunakan UART , yaitu data dikirimkan secara serial ke komputer, pengiriman data dilakukan melalui PORT TX pada Mikrokontroler yaitu pada Port D.1. Untuk mengirimkan data mikrokontroler ke perangkat komputer, diperlukan jalur komunikasi data yang baik. Komunikasi Serial dapat dijadikan sebagai jalur pengiriman data suhu yang dibaca oleh sensor LM35 dan kemudian diterima perangkat komputer untuk diolah lebih lanjut.

Berhubung saat project ini saya menggunakan Laptop sebagai media penampil grafik suhu, maka diperlukan konverter Usb to ttl. Konverter ini bisa ditemukan dipasaran dengan ragam bentuk dan harga. namun saya menggunakan konverter rakitan sendiri.hehe.
untuk skema rangkaian dan firmware bisa klik disini

Jambi, Juli 2013
KHOIRUL MUHLISIN - NANANG SETIAWAN
NIM : 8030100032      NIM :8030100008

Post Comment

Selamat datang di situs Kutu Solder™. Mohon maaf atas keterbatasan yang ada di situs ini, Admin masih belajar dan terus belajar dalam dunia elektro dan blogger. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Copyright ©2014 Kutu Solder™